Langsung ke konten utama

Dosen perlu menggunakan IT

 

Era digitalisasi inilah yang telah menciptakan dunia semakin terbuka dan transparan sehingga melalui teknologi informasi (IT) informasi bisa sangat cepat diterima. Keadaan inilah yang bisa menyebabkan para generasi milenial tersebut lebih banyak mendapatkan informasi atau pengetahuan dari luar sekolah atau dari lingkungan masyarakatnya.

Fenomena ini menuntut dosen untuk dapat mengembangkan media pembelajaran berbasis IT. Tujuannya agar mampu menyiapkan generasi yang akan datang siap menghadapi, mendukung, dan berkontribusi dalam perkembangan teknologi. Wena mengungkapkan dosen merupakan komponen penting dari satuan pendidikan, yang memiliki tugas untuk melaksanakan proses pembelajaran. Sehingga, dosen haruslah terlebih dahulu memahami IT terutama teknologi dalam pembelajaran (Wena, 2016: 12).

Dalam dunia pendidikan dosen mempunyai peranan yang besar dan strategis. Hal ini disebabkan dosenlah yang berada pada barisan terdepan dalam pelaksanaan pendidikan. Dosen menjadi faktor utama yang menentukan proses pembelajaran bermutu atau tidak, karena dosen berhadapan langsung dengan peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas. Kecerdasan, kecakapan dan karakter peserta didik dibentuk untuk mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi sekaligus mendidik dengan nilai-nilai positif melalui bimbingan dan ketauladanan. Dan guna tercapanya hal tersebut perlu dosen yang kompeten, bertanggung jawab, terampil, dan berdedikasi tinggi.

Dosen adalah kurikulum berjalan. Sebaik apa kurikulum dan sistem pendidikan yang ada tanpa didukung oleh kemampuan dosen, semuanya akan sia-sia. Dosen berkompeten dan bertanggung jawab, utamanya dalam mengawal perkembangan peserta didik secara optimal. Tujuan akhir seluruh proses pendampingan dosen adalah tumbuhnya pribadi dewasa yang utuh dan unggul.

Peran dosen hendaknya dapat menumbuhkan semangat siswa untuk belajar bekerja sama antara siswa dalam kelas. Proses pembelajaran harus memungkinkan tumbuh berkembang dan terpupuknya saling pengertian dalam mengembangkan hubungan antar siswa secara intensif dan berkesinambungan. Terjadinya komunikasi yang intensif antara siswa dengan dosen akan meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Proses dikatakan bermutu


tinggi apabila pengkoordinasian dan penyerasian input dan proses dilakukan secara harmonis, sehingga mampu menciptakan situasi pembelajaran yang nikmat (enjoyable learning), mampu mendorong sikap percaya diri, dan benar-benar mampu memberdayakan peserta didik dalam peroses pembelajaran.

Kemajuan dibidang teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan pada bidang pendidikan. Misalkan dengan ide-ide pembelajaran yang sulit dipahami dan dideskripsikan akan menjadi mudah melalui animasi-animasi dan tampilan yang menarik. Melalui teknologi komputer dapat dijadikan multimedia pendidikan. Artinya bukan hanya satu media saja, tapi bisa dijadikan berbagai media.

Salah satu software yang bisa membantu membuat dan mengedit media audio visual atau video adalah Camtasia Studio. Menurut Dahtul menjelaskan bahwa Software Camtasia adalah software untuk mengedit dan membuat video dalam bentuk rekaman layar (screencasting), tutorial, demonstrasi dan presentasi. Software ini memiliki banyak sekali keunggulan, seperti mudah digunakan, bisa menghasilkan rekaman dengan kualitas High Definition, tidak ada batasan waktu video yang bisa direkam, serta menyediakan efek visual yang baik, timelinenya pun menarik yang memudahkan pengguna untuk menambah shades, warna, dan call out pada video tersebut. Dengan segala keunggulan tersebut, maka sangat wajar jika software Camtasia ini bisa menjadi alternatif media yang bisa digunakan untuk memproduksi perangkat pembelajaran berbasis IT, khususnya untuk memproduksi video pembelajaran.

Berdasarkan fenomena diatas, maka dosen perlu menyiapkan diri dalam membuat media berbasis IT dan diaplikasikannya dalam proses belajar mengajar. Sehingga materi yang disampaikan terhadap mahasiswa dapat dengan mudah terserap dan bisa membangkitkan semangat, minat serta motivasi belajar.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh-Rencana Studi untuk Essai LPDP (berhasil lolos)

Rencana Studi Nama saya Safitri Akbari, saya menyelesaikan program sarjana saya di Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Tanjungpura Kalimantan Barat. Saya menyelesaikan pendidikan sarjana dengan masa studi 3 tahun 6 bulan sebagai penerima Beasiswa Bidikmisi. Saya bercita-cita untuk menjadi seorang dosen, hal ini dikarenakan saya memiliki hobi mengajar. Pengabdian kepada Bangsa Indonesia dapat saya lakukan dengan cara mencerdaskan anak-anak bangsa lewat mengajar. Namun untuk menjadi seorang dosen, saya harus melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 agar kualitas ilmu akuntansi yang saya miliki meningkat, sehingga saya dapat memberikan pengajaran dengan kualitas yang baik. Untuk pendidikan pada jenjang S2 nantinya, saya berencana untuk mengambil disiplin ilmu Akuntansi yang sebelumnya sudah saya tekuni di pendidikan saya sebelumnya. Berdasarkan kondisi di atas memberikan alasan yang kuat bagi saya untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 di bidang Sains Akunt...

ESSAY LPDP - KONTRIBUSIKU BAGI INDONESIA

KONTRIBUSIKU BAGI INDONESIA Saya Safitri Akbari alumni Bidikmisi, lulus di Universitas   Tanjungpura tahun 2015. Pendidikan selalu di utamakan dalam keluarga saya, terutama oleh Bapak saya. Beliau selalu menasehati saya selaku anak sulung di keluarga, akan pentingnya pendidikan. Saya menyadari bahwa apa yang telah di sampaikan oleh beliau benar adanya. Negara Indonesia ini memerlukan pemuda pemudi yang cerdas untuk membawa Indonesia lebih maju . Maka dari itu saya selalu berusaha untuk menuntut ilmu sebaik-baiknya agar menjadi pribadi yang cerdas. Ketika duduk di bangku kuliah, saya mendapatkan amanah sebagai penerima beasiswa Bidikmisi. Hal tersebut, memacu semangat saya untuk tekun belajar dalam perkuliahan. Saya menyadari, beasiswa tersebut merupakan tanggungjawab yang harus saya pikul, sekaligus menjadi hutang jasa saya terhadap Bangsa Indonesia. Selama duduk di bangku kuliah saya mengabdikan diri untuk jurusan saya sebagai Asisten Laboratorium mata kuliah akuntansi. S...

resensi buku KEAKHWATAN 1

URGENSI TARBIYAH BAGI AKHWAT MUSLIMAH Penanaman dan Pemeliharaan Iman Menghajatkan Kerja yang Serius Tarbiyah menawarkan silabus yang membuat peserta didik berada dalam suasana kesungguhan, bukan semata hiburan. Tarbiyah membawa masyarakat berada dalam suasana kedisiplinan dalam melakukan penjagaan diri, bukan semata-mata bentuk “mengisi waktu luang” Tarbiyah bukan semata-mata bentuk “mengisi waktu luang” Amal Islami Menuntut Kerja Sama Antar Personel Dakwah Amal islam memerlukan ta’awun atau tolong menolong dalam aplikasinya. Untuk membentuk kebersamaan yang memungkinkan adanya proses ta’awun dalam kebaikan, diperlukanlah tarbiyah. Pentingnya tarbiyah bagi akhwat muslimah, agar terbentuk kebersamaan di antara muslimah dalam menunaikan amal Islami di berbagai bidang. Penyiapan Akh wa t Muslimah adalah Darurat dan Bagian dari Tuntutan Zaman Arus sekulerisme, upaya eksploitasi wanita yang semakin menjadi, dan upaya-upaya lain yang menjauhkan muslimah dari Isla...