Assalamualaikum wr.wb
Hari ini, Sabtu tanggal 11 Mei 2024 agendanya adalah Mentoring Persiapan Akreditasi Prodi Manajemen Informatika Universitas Catur Insan Cendekia . Narasumber kali ini bernama Irfan Dwiguna Sumitra, S.Kom.,M.Kom.Ph.D. dan acaranya ini berlangsung di ruang Rapat Lt.2 UCIC. Beliau merupakan Dosen di Universitas Komputer Indonesia (UKI).
Acara ini dimulai tepat pukul 08.45 WIB. Dibuka oleh MC Bapak Umar dan dilanjut dengan sambutan dari Bapak Dekan FTI (Bapak Marsani Asfi,M.Si) sembari memberi motivasi untuk kita semua. Setelah itu dilanjutkan ke acara inti, pemaparan oleh Bapak Irfan Dwiguna Sumitra, S.Kom.,M.Kom.Ph.D. Beliau menempuh studi doktoral di China tepatnya Nanjing University of Information Science and Technology
Berikut merupakan rincian pembahasan yang dibahas beliau pada pertemuan kali ini:
1. Bobot Penilaian
Mencakup kriteria A-E. Utamakan luaran, yaitu tri dharma karena bobotnya 50%. A,B dan E itu fokus kerjaan fakultas. Tetapi untuk point C menjadi fokus prodi yang akan diakreditasi.
2. Perbedaan dokumen instrumen D3 dan S1.
D3.
Bobot
Profil dosen industri
Pengembangan DTPR
dll
3. Implementasi PPEP
Ketika ada Penetapan maka harus ada pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan. Jangan sampai sudah dilaksanakan tetapi tidak ada evaluasi. IKU sesuai SN Dikti.
Selama pelaksanaan menjadi praktik baik, apabila tidak ada penetapan tidak apa, tapi ke depan alangkah baiknya dibuat.
Semuanya merupakan satu kesatuan, saling berkelanjutan.
4. Rubrik Penilaian
Di rubrik penilaian ada skor 1 sampai dengan 4. Salah satu contoh ketika suatu SK ada tanda tangan tetapi tidak ada cap, maka hal tersebut menjadi tidak shahih. Evaluasi menjadi bagian dari Penjaminan Mutu, harus ada AMI di dalamnya. Pengendalian yang digaris bawahi adalah RTM, mana yang di bawah standar, sesuai standar dan melampaui standar. Jadi setelah pelaksanaan harus ada tindak lanjut dari hasil evaluasi.
5. Tentang C.1.3 Cek evaluasi dan Komentar Asesor.
Tuliskan Fakta dan Data mengenai AMI. Tuliskan hasil evaluasi untuk setiap satndar secara singkat. Tuliskan fakta dan data kapan survey dilakukan, berapa junlah responden dan apa hasilnya.
6. Deskripsi Evaluasi di LED
7. Cek isi Pengendalian
Ada laporan RTM atau yang sejenis itu. Tulis fakta dan data mengenai RTM secara singkat, kapan dilakukan dan bagaimana prosesnya, siapa yang terlibat dalam RTM dll.
Asesor disini tidak menulis opini.
8. Cek isi peningkatan C1.5.
Ada laporan, bisa berupa hasil rapat, yang isinya adalah semua Standar/IKU/IKT yang sudah ditetapkan, dilaksanakan dan dievaluasi.
Rapat Peningkatan Standar Mutu (RPSM) dilaksanakan setelah melaksanakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM).
Sebagai masukan, kalau bisa dibuat dengan format yang sama.
Berikut adalah pembahasan sesi pertama setelah ini merupakan sesi tanya jawab. Penanya pertama diajukan oleh Ka.Prodi Manajemen Informatika, Bapak Chairun Nas,M.Kom.
Sekian dulu nanti dilanjut part 2 yah:)
Semoga bisa bermanfaat ilmunya.
Komentar
Posting Komentar