Langsung ke konten utama

LAPORAN EVALUASI KEGIATAN KEMAHASISWAAN TAHUN 2022/2023

 

LAPORAN EVALUASI KEGIATAN KEMAHASISWAAN

UNIVERSITAS CATUR INSAN CENDEKIA CIREBON

TAHUN 2022/2023

 

 

A.   PENDAHULUAN

            Monitoring dan evaluasi internal merupakan salah satu bentuk evaluasi diri yang ditinjau secara berkala, disesuaikan dengan kondisi-kondisi internal dilingkungan Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC). Data Monitoring dan evaluasi internal adalah data dari, oleh dan untuk UCIC sendiri. Oleh karena itu, data yang diperoleh dapat menjadi penuntun bagi Biro Kerjasama, Kemahasiswaan dan Alumni UCIC melakukan evaluasi diri, perencanaan, menetapkan rencana tindak lanjut, menetapkan pelaksanaan, monitoring evaluasi, serta perbaikan terus-menerus untuk mencapai standar dan kriteria yang ditetapkan.

Pada laporan ini Monitoring dan evaluasi internal dilakukan untuk mengevaluasi hasil kegiatan kemahasiswaan yang telah dilakukan oleh mahasiswa FEB UCIC. Monitoring dan evaluasi internal ini merupakan salah satu bagian dari proses pemantauan perkembangan dan kemajuan kegiatan kemahasiswaan yang dilakukan oleh mahasiswa UCIC. Melalui Monitoring dan evaluasi internal ini, maka dapat diketahui apakah hasil kegiatan kemahasiswaan yang telah dilakukan oleh mahasiswa FEB UCIC telah memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan.

Selanjutnya hasil yang telah diperoleh dari pelaksaan Monitoring dan evaluasi internal tersebut dapat digunakan sebagai informasi serta pengalaman untuk mengarahkan perencanaan kegiatan mahasiswa menuju peningkatan mutu yang berkelanjutan.

 

B.   TUJUAN

Adapun tujuan dari kegiatan Monitoring dan evaluasi kegiatan kemahasiswaan ini adalah sebagai berikut:

1.  Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kemajuan dan perkembangan kegiatan kemahasiswaan.

2.      Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil kegiatan kemahasiswaan.

3.      Menjadi dasar dilaksanakannya pengendalian pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan.

4. Menjadi dasar dilaksanakannya perbaikan berkelanjutan atas pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan.

 

D.   PELAKSANAAN KEGIATAN

Monitoring dan evaluasi dilaksanakan oleh Biro Kerjasama, Kemahasiswaan dan Alumni UCIC melalui proses Review yang melibatkan Reviewer Internal yang dimiliki oleh Universitas Catur Insan Cendekia. Pelaksanaan Monitoring dan evaluasi internal terhadap hasil kegiatan kemahasiswaan ini dilakukan selama 2 kali Monitoring yaitu pada bulan Februari 2023 untuk semester ganjil, sementara untuk semester genap dilaksanakan pada bulan September 2023

 

E.   HASIL KEGIATAN

Kegiatan mahasiswa FEB UCIC disesuaikan dengan rencana program kerja bidang kemahasiswaan. Kegiatan kemahasiswaan ini berupa pelaksanaan seminar, workshop dan penyelenggaraan perlombaan baik tingkat regional maupun nasional. Pelaksanaannya dilakukan oleh mahasiswa dibantu dengan Himpunan Mahasiswa dari tiap-tiap jurusan dan juga beberapa UKM yang ada di UCIC.

Monitoring dan evaluasi internal untuk kegiatan mahasiswa dilakukan sebanyak 1 (Satu) kali, dimana untuk Monitoring dan evaluasi internal bertujuan untuk mengetahui perkembangan dan kemajuan proses kegiatan kemahasiswaan yang telah dilakukan oleh mahasiswa. Hasil dari Monitoring dan evaluasi internal ini adalah penyampaian laporan kegiatan kemahasiswaan yang telah dilakukan oleh mahasiswa UCIC dan penggunaan anggaran dari kegiatan kemahasiswaan. MONEV yang dilakukan pada tahun akademik 2022/2023 ini dilaksanakan pada tanggal 11 Februari 2023 untuk semester ganjil dan 23 September 2023 untuk semester genap.

F.   EVALUASI dan TINDAK LANJUT

Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan ini, maka dapat dijelaskan evaluasi dan rencana tindak lanjut sebagai berikut:

 

No

Evaluasi

Tindak Lanjut

1

Peserta seminar masih kurang luas jangkauannya begitu pula dengan Narasumber yang dihadirkan pada acara seminar dan workshop

Dosen dan mahasiswa akan lebih aktif lagi untuk menyebarluaskan informasi terkait kegiatan yang dilaksanakan

2

Peserta yang ikut perlombaan masih berasal dari dalam Pulau Jawa

Panitia penyelenggara harus lebih giat lagi untuk menyebarluaskan informasi terkait perlombaan yang diselenggarakan

3

Beberapa hasil kegiatan mahasiswa dapat dibuatkan HaKI

Dosen dapat mendaftarkan hasil kegiatan mahasiswa menjadi HaKI dimana diakui sebagai hasil karya sendiri dan terdaftar secara resmi.

4

Keterlibatan dosen untuk membimbing kegiatan mahasiswa masih kurang

Dosen dapat membimbing mahasiswa Universitas CIC dalam proses kegiatan mahasiswa

5

Beberapa Kegiatan mahasiswa masih kurang relevan dengan materi-materi pembelajaran sebagai bahan pengembangan keilmuan program studi

Para Mahasiswa harus mulai Menyusun kegiatan mahasiswa yang terkait dengan pengembangan keilmuan program studi

 

Selanjutnya bidang kemahasiswaan masing-masing prodi wajib melakukan perbaikan kegiatan kemahasiswaan sesuai dengan tindak lanjut dari hasil Monitoring dan evaluasi internal. Diharapkan Monitoring dan evaluasi internal ini dapat memperbaiki kekurangan pelaksanaan kegiatan mahasiswa melalui tindak lanjut monitoring dan evaluasi internal.

 

F.   KESIMPULAN

Berdasarkan hasil Monitoring dan evaluasi internal bidang kemahasiswaan tersebut, maka proses kegiatan kemahasiswaan di Universitas Catur Insan Cendekia berjalan dengan baik serta memenuhi standar yang ada. Dengan pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan yang baik dapat pula menambah luaran kegiatan mahasiswa dalam bentuk HaKI. Kekurangan yang ditemukan saat proses monitoring dan evaluasi dilakukan perencanaan untuk ditindak lanjuti sehingga pelaksanaan standar dapat dikendalikan.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh-Rencana Studi untuk Essai LPDP (berhasil lolos)

Rencana Studi Nama saya Safitri Akbari, saya menyelesaikan program sarjana saya di Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Tanjungpura Kalimantan Barat. Saya menyelesaikan pendidikan sarjana dengan masa studi 3 tahun 6 bulan sebagai penerima Beasiswa Bidikmisi. Saya bercita-cita untuk menjadi seorang dosen, hal ini dikarenakan saya memiliki hobi mengajar. Pengabdian kepada Bangsa Indonesia dapat saya lakukan dengan cara mencerdaskan anak-anak bangsa lewat mengajar. Namun untuk menjadi seorang dosen, saya harus melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 agar kualitas ilmu akuntansi yang saya miliki meningkat, sehingga saya dapat memberikan pengajaran dengan kualitas yang baik. Untuk pendidikan pada jenjang S2 nantinya, saya berencana untuk mengambil disiplin ilmu Akuntansi yang sebelumnya sudah saya tekuni di pendidikan saya sebelumnya. Berdasarkan kondisi di atas memberikan alasan yang kuat bagi saya untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 di bidang Sains Akunt...

ESSAY LPDP - KONTRIBUSIKU BAGI INDONESIA

KONTRIBUSIKU BAGI INDONESIA Saya Safitri Akbari alumni Bidikmisi, lulus di Universitas   Tanjungpura tahun 2015. Pendidikan selalu di utamakan dalam keluarga saya, terutama oleh Bapak saya. Beliau selalu menasehati saya selaku anak sulung di keluarga, akan pentingnya pendidikan. Saya menyadari bahwa apa yang telah di sampaikan oleh beliau benar adanya. Negara Indonesia ini memerlukan pemuda pemudi yang cerdas untuk membawa Indonesia lebih maju . Maka dari itu saya selalu berusaha untuk menuntut ilmu sebaik-baiknya agar menjadi pribadi yang cerdas. Ketika duduk di bangku kuliah, saya mendapatkan amanah sebagai penerima beasiswa Bidikmisi. Hal tersebut, memacu semangat saya untuk tekun belajar dalam perkuliahan. Saya menyadari, beasiswa tersebut merupakan tanggungjawab yang harus saya pikul, sekaligus menjadi hutang jasa saya terhadap Bangsa Indonesia. Selama duduk di bangku kuliah saya mengabdikan diri untuk jurusan saya sebagai Asisten Laboratorium mata kuliah akuntansi. S...

resensi buku KEAKHWATAN 1

URGENSI TARBIYAH BAGI AKHWAT MUSLIMAH Penanaman dan Pemeliharaan Iman Menghajatkan Kerja yang Serius Tarbiyah menawarkan silabus yang membuat peserta didik berada dalam suasana kesungguhan, bukan semata hiburan. Tarbiyah membawa masyarakat berada dalam suasana kedisiplinan dalam melakukan penjagaan diri, bukan semata-mata bentuk “mengisi waktu luang” Tarbiyah bukan semata-mata bentuk “mengisi waktu luang” Amal Islami Menuntut Kerja Sama Antar Personel Dakwah Amal islam memerlukan ta’awun atau tolong menolong dalam aplikasinya. Untuk membentuk kebersamaan yang memungkinkan adanya proses ta’awun dalam kebaikan, diperlukanlah tarbiyah. Pentingnya tarbiyah bagi akhwat muslimah, agar terbentuk kebersamaan di antara muslimah dalam menunaikan amal Islami di berbagai bidang. Penyiapan Akh wa t Muslimah adalah Darurat dan Bagian dari Tuntutan Zaman Arus sekulerisme, upaya eksploitasi wanita yang semakin menjadi, dan upaya-upaya lain yang menjauhkan muslimah dari Isla...